18Oct
Komisi Informasi (KI) Pusat berpindah alamat kantor ke Wisma BSG Gedung Annex Lantai 1. Jalan Abdul Muis Nomor 40, Jakarta Pusat

KI Pusat Gelar Deklarasi Keterbukaan BP Peserta Pemilu

Date Publish : 2018-05-23 09:50:46

Laporan : Karel Salim

Komisi Informasi (KI) Pusat menggelar acara Deklarasi Keterbukaan Informasi BP (Badan Publik) Peserta Pemilu (Partai Politik) 2019 di Auditorium Adhiyana, Wisma Antara Lt. 2. Jl. Medan Merdeka Selatan No 17 Jakarta Pusat pada Selasa (22/05/2018). Sebagai BP, Partai Politik berperan dan bertanggung jawab atas terwujudnya budaya keterbukaan demi kemajuan bangsa. Momentum Pemilihan Umum 2019 adalah gerbang bagi bangsa Indonesia dalam menapaki peradaban yang menjadikan Keterbukaan Informasi sebagai prasyarat utama.

Melalui pelaksanaan Deklarasi Keterbukaan Informasi Parpol maka KI Pusat berharap ada kesadaran dari Partai Politik Peserta Pemilihan Umum 2019 berkomitmen, pertama Parpol menjadi pendorong utama dalam mengakselerasi pembangunan budaya politik di Indonesia dengan menjalankan amanah Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Kedua, Parpol dapat mewujudkan penyelenggaraan Pemilihan Umum dengan prinsip Keterbukaan Informasi Publik termasuk dalam aspek pengelolaan keuangan Partai Politik di setiap tingkatan struktur. Ketiga, Parpol mengedepankan prinsip transparansi, akuntabel, jujur dan adil dalam melaksanakan setiap tahapan Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019.

Keempat Parpol mendorong semua kader Partai Politik yang mengemban jabatan publik untuk menerapkan Keterbukaan Informasi dalam setiap kebijakan demi mewujudkan partipasi rakyat dan mencerdaskan bangsa. Kelima, Parpol memberikan akses informasi yang luas kepada masyarakat berdasarkan prinsip Keterbukaan Informasi Publik.

 

comments powered by Disqus

KOMISI INFORMASI PUSAT REPUBLIK INDONESIA
Wisma BSG Gedung Annex, Lt 1,
Jl Abdul Muis No. 40 Jakarta Pusat 10110
Telp 021-34830741  Fax 021-3451734
Email sekretariat@komisiinformasi.go.id